SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL

Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri Nasional. Meski saya bukan seorang santri murni (belajar di pondok pesantren), namun saya memiliki ketertarikan dengan hal tersebut.

Bagi saya pribadi, seorang santri memiliki nilai lebih dibandingkan pelajar biasa. Pengalaman hidup bersama teman-teman mantan santri, membuat saya memandang mereka sebagai pribadi yang istimewa.

Seorang santri pertama yang menjadi teman saya adalah sahabat saya sejak SMP, namanya Qory Hidayati. Beliau memutuskan untuk masuk pesantren ketika lulus SMP. Pondok pesantren Al Mujahidin di Balikpapan, menjadi tujuan nya untuk belajar. Seringnya kami bercerita lewat surat, menjadikan saya sedikit banyak tahu tentang bagaimana pola hidup di pesantren. Disiplin dalam hal agama, menjadi nomor satu dibanding hal lain. Kelebihan kurikulum di pondok, jika dibanding sekolah biasa juga berbeda. Tidak hanya mata pelajaran umum, namun juga mata pelajaran yang berkaitan dengan keagamaan juga tersedia. Bahasa Arab, dan juga bahasa Inggris juga turut dipelajari, meski di sebagian pondok pesantren terkadang ada juga tidak memasukkan bahasa Inggris sebagai pelajaran pokok. Kebetulan yang saya ketahui, pondok pesantren Al Mujahidin ini merupakan salah satu ponpes modern yang ada di Kalimantan.

Menginjak kuliah, saya bertemu kembali dengan beberapa kawan lulusan pondok pesantren. Saya terkagum dengan mereka. Penguasaan bahasa Arab mereka cukup lumayan. Kadang saya menjadi canggung saat mereka berbicara dengan sesama mereka menggunakan bahasa Arab. Awal mula saya pikir mereka bersikap sombong karena mampu berbahasa Arab, ternyata suudzon saya saja, hehehe itu semua dikarenakan mereka memang telah terbiasa berbincang dengan bahasa Arab.

Di pondok juga dibiasakan menghafal Alquran. Tak jarang saya menemukan santri yang hafal Alquran. Mengaji juga untuk ukuran mereka, saya memberi nilai baik, karena mereka kebanyakan mampu mengaji dengan teori dan praktek yang benar.

Itulah sedikit cerita kekaguman saya dengan sosok seorang santri, semoga kelak bisa menjadi generasi terbaik di masanya.

Selamat Hari Santri Nasional!!!

Pic : internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL