#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

Naah, ketemu lagi di bagian kedua cerita perjalanan saya ke Banjarbaru Kalimantan Selatan. Mungkin kalian semua ingin tahu beberapa hal dari perjalanan ini. Naik apa kami kesana, Berapa lama waktunya, dan ngapaen aja disana. Nah di bagian kedua ini akan saya ceritakan awal perjalanan kami sejak mula berangkat.

Berkunjung ke Kalimantan Selatan sebenarnya bukan hal yang baru buat diri saya. Sebelumnya saya sudah pernah beberapa kali berkunjung karena ada urusan keluarga dan dinas dari kantor. Namun perjalanan yang sudah sangat lama itu membuat saya rindu akan tanah Banjar. Bertepatan dengan bulan Maulid penanggalan Arab, saya memang berniat hendak berkunjung kesana, dibarengi kegiatan ini lalu kemudian saya turutkan saja.

Perjalanan yang sangat “tiba-tiba” ini, sangat berkesan bagi saya. Berangkat dari Samarinda, ke terminal di Samarinda Seberang untuk mencari tiket Bis menuju Banjar. Karena ketidaktahuan kami, proses dalam memesan tiket keberangkatan lumayan sangat ribet (yang seharusnya langsung dipesan), akhirnya membuat kami mendapatkan sisa kursi yang posisinya sangat tidak enak, yakni kursi paling belakang. Alhamdulillahnya Allah memberi saya ketahanan fisik untuk tidak “mabok darat” selama perjalanan. Bis berangkat jam 5 Sore, dengan rute Balikpapan – Penyeberangan Feri Penajam – Penajam – Paser – Kalsel. Bicara mengenai kenyamanan saat di bis, saya cukup terkaget-kaget. Saya dan kawan saya tidak pernah menyangka bahwa perjalanan yang kami lakukan ini sebegitu ekstrimnya. Sopir Bus sangat laju dalam mengendarai bis, rasa-rasanya hidup kami seperti diujung tanduk (hehe, karena ketakutan), tapi entahlah penumpang yang lain juga beragam ekspresi. Ada yang tetap bisa tidur dalam perjalanan, ada juga yang gelisah selama perjalanan (ini lebih dirasakan oleh teman saya). Sedang saya ada dalam posisi tidur “ayam” atau tidak nyenyak.

Kondisi lumayan nyaman saya rasakan ketika sampai di Balikpapan menuju penyeberangan Fery. Mungkin sekitar 30 menit akhirnya kami tiba di Penajam dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Memang ada beberapa kali sopir bis berhenti untuk beristirahat. Saya hitung-hitung kurang lebih sekitar 15 jam kami melakukan perjalanan ini. Jam 7.30 Pagi hari berikutnya, akhirnya kami tiba di tempat tujuan kami di Kota Banjarbaru. Hmm, jangan Tanya bagaimana bentuk rupa wajah kami ya, heheh (kucel dan kami belum mandi, ups). Setiba disana sambil menunggu jemputan dari panitia “Rainy’s Day Festival” kami mampir ke sebuah warung kecil di pinggir jalan untuk mengisi perut, sekedar sarapan pagi.

Hmm, jangan kemana-mana, masih banyak kisah yang belum diceritakan. Wait n see ya.