#172# AKU JUAL, KAMU BELI



Alibaba.com

Kalau bicara soal musik, bagi saya gak akan pernah ada habisnya. Musik adalah bagian dari seni, dan seni adalah suatu yang memiliki unsur keindahan. Seni adalah bagian dari sebuah karya cipta manusia. Nah, yang ingin saya bahas dalam tulisan saya hari ini adalah bagian dari sebuah karya seni, yakni musik. 

Dalam kehidupan kita, tentu banyak hal yang bisa menjadi pro dan kontra. Begitupun masalah musik (sungguh saya gak bermaksud untuk meributkan hal yang beda itu). Silakan setiap orang berpendapat tentang musik berdasarkan keyakinannya.  Saya pribadi berpegang pada pemahaman bahwa bermusik adalah “boleh dan sah-sah saja”.

Musik menjadi indah dikarenakan ada kolaborasi antara nada-nada dengan alat yang mengeluarkan suara tersebut. Kolaborasi yang terjadi adalah “mix” yang tepat. Selain itu pesan yang terkandung dalam syair lagu juga turut mempengaruhi keindahan.

Selain kolaborasi apik yang terjadi antara nada yang satu dengan yang lain, dan juga syair-syair yang memukau, keindahan dari musik adalah penyajiannya di hadapan penikmat musik. Seperti yang baru tadi malam saya saksikan. Penampilan grup band tanah air ZeroSixPark”, yang membuat saya awalnya mengantuk dikarenakan merasa jenuh dengan suasana acara tadi malam, tiba-tiba berubah menjadi suasana yang luar biasa.

ZeroSixPark Twitter

Saya begitu terpukau dengan penampilan grup musik ini, begitu sangat attractive, keren dan Cuma bisa bilang “wow”. Baru kali ini saya saksikan langsung dengan mata kepala sendiri (hihi, emangnya minjem apa), selama ini hanya menonton via televisi.

Timbul satu pertanyaan dalam benak kita, mengapa mereka mampu membuat kita terkesan dengan penampilan mereka? Hal ini dikarenakan ada beberapa factor, yang kalau saya boleh sebut adalah “Mereka Memasarkan / Menjual diri” dengan sangat baik. Berikut dua faktor yang bisa menjadi penentu keberhasilan mereka hingga sekarang masih “eksis”.

Ketika mereka memutuskan untuk masuk ke dalam industry musik, tentu mereka punya target pasar. Orang-orang yang seperti apa yang dapat mereka rangkul bahkan menjadikan mereka sebagai idola? Hal ini menjadi penting, agar posisi mereka bisa “diakui” dan dianggap “eksis”. Jika hal tersebut menjadi hambatan, sudah dapat dipastikan kesuksesan mereka bisa menjadi angan-angan belaka. Oleh karena itu, mereka harus dan wajib memikirkan siapa yang akan menjadi target pasar mereka.

Sebagai penjual, tentu produk yang dihasilkan haruslah direncanakan secara matang. Sebagai seorang pemusik, maka produk utamanya adalah tentu saja lagu. Penciptaan lagu-lagu yang berkualitas, akan sangat dinanti oleh penikmat musik. Misal saja proses dalam menentukan Genre musik apa yang mau dibawa dan dikembangkan. Selain dimanjakan oleh suara yang merdu, tentu lah “packaging” juga menjadi hal yang sifatnya urgen. Bagi ZeroSixPark, penampilan yang santai, cool, dan didominasi style Rock n Roll, menjadi satu nilai lebih yang mereka tonjolkan. Dengan rambut kribo ala-ala penyanyi tahun 90an, Sang vokalis juga secara tidak langsung “membranding” dirinya sehingga mudah dikenal dan diingat oleh fans.



ZeroSixPark bisa mengambil perhatian penonton dengan beragam hal yang ia lakukan agar keberadaan dirinya bisa diakui.


#ODOP7 #KelasNonFiksi #UndianTabunganBAPENDA #ZeroSixPark

Komentar

  1. Musik itu universal dan mampu mewakili perasaan yg memainkan maupun hanya sekedar mendengarnya

    BalasHapus
  2. Musik adalah bahasa universal, katanya...
    Dari 7 notasi dasar saja, bisa menghasilkan jutaan karya yang beragam... Kok, bisa, ya... 😁

    BalasHapus
  3. Orang yang suka musik pasti bahagia....hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL