#170# NICHE BLOG, APA YAA??

Indravedia.com

Something unique, more special. But being special always has to be unique.
Bagi seorang yang punya passion di dunia menulis, tentu perlu menjadikan “diri” nya memiliki keunikan hingga akan lebih mudah dikenal bagi pembaca-pembaca karyanya. Namun jika memang belum mendapatkan “ciri khas” dari itu semua, maka tidak perlu bersedih. Jangan biarkan hal tersebut menjadi penghalang diri untuk terus berbagi lewat tulisan. Sebenarnya sih ini bercerita tentang saya pribadi, hehe. Ini semua terjadi karena baru tadi malam mendapatkan materi yang “keren” banget dari seorang penulis yang kece abis. Rindang Yuliani. Seorang penulis yang udah malang melintang di dunia kepenulisan.  Tema materi di Kelas Non Fiksi tadi malam adalah tentang “NICHE”.

“Niche” dalam sebuah blog adalah tema atau topik yang menjadi focus utama seorang blogger dalam menyajikan konten di blognya. Kalau melihat pengertian di atas, tentu kita bisa menilai bahwa keberadaan Niche adalah sangat penting. Namun tak sedikit blogger pemula (yang baru saja aktif nge blog) atau seorang blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blog namun masih belum memiliki atau menentukan Niche blog mereka. Kok bisa? Tentu saja bisa, ini dikarenakan saat menulis masih berfokus pada “moody” mereka (Kadang saya bisa masuk dalam golongan ini, hehe).

Menulis mengikuti alur ide yang tercetus, padahal menulis yang baik adalah yang terkonsep (menurut saya sih). Bisa jadi mengikuti alur ide juga termasuk menulis yang terkonsep, namun kumpulan tulisan yang ada akan membuat kita menjadi “rancu”. Sebenarnya kita ini penulis yang tulisannya bergenre tertentu, atau kah menulis banyak hal tanpa spesialisasi?
Dengan adanya Niche Blog, ini sedikit banyak membantu kita untuk “menjadi special” bagi para pembaca dan follower blog kita. Bisa jadi tulisan-tulisan kita lebih kepada hal-hal yang sifatnya memotivasi dan membangun, berarti Niche Blog kita adalah “Motivation Blog”. Maka blog kita akan didominasi dengan tulisan-tulisan semacam itu. Atau barangkali kita telah menemukan passion menulis kita dengan tema-tema parenting, travelling, atau kuliner dan tema lain.

Sah-sah aja sih sebenarnya menulis banyak topik (saya pun masih “galau” dengan Niche Blog saya, hehe). Namun jika memiliki tulisan dengan tema-tema khusus, secara tidak langsung akan menciptakan “label” atau “branding” buat diri kita sebagai penulis. Contoh kasus, ada seseorang yang memerlukan referensi tempat-tempat wisata di luar negeri. Nah, ketika tulisan-tulisan saya misalnya lebih kepada tulisan tentang travelling, maka sudah dapat dipastikan akan “dicari” oleh mereka-mereka yang haus akan informasi tersebut. Begitu juga dengan tulisan-tulisan tema lain.

Jika kalian berkunjung ke blog saya, bisa jadi kalian akan menemukan beragam tulisan dengan tema-tema yang berbeda. Ya, saya secara pribadi juga belum bisa menentukan atau mengkhususkan blog saya mau “dihiasi” dengan tulisan yang seperti apa. Yang penting untuk sementara, saya harus memaksa diri saya untuk rajin menulis, dan mulai memperluas tema-tema tulisan yang lain.

Menentukan Niche Blog pada dasarnya ada dalam diri kita sendiri. Kita yang lebih mengenal diri kita, namun memang terkadang teori tak seindah praktek kawan-kawan (hehe). Saya pun sampai menulis ini, masih belum tahu Niche Blog saya apa?? Barangkali kalian bisa membantu saya, karena terkadang dalam situasi tertentu pendapat dan penilaian dari orang lain, bisa membuka jalan bagi yang sedang kebingungan, hehe.

#Tantangan1 #ODOP7 #KelasNonfiksi


Komentar

  1. Nulis aja dulu sambil diamati kecondongan niche nya... Akupun masih menimbang2 hehe semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, yg penting menjaga agar semangat nulis nya gak kendor, itu yg lebih utama, hihi makasih ya dah mampir

      Hapus
  2. Salam kenal Kak... menentukan niche memang bikin galau. semangat Kak.. Tulisa semua yang disukai, lalu pilih salah satu untuk ditonjolkan😊.
    Sukses Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, saya pecinta senja lho hihi, bener banget, sementara yg bs saya lakukan adalah mencintai menulis, mudahan nanti bisa menonjolkan sesuatu dr salah satu tema yaa, terima kasih dah mampir yaa

      Hapus
  3. Aku pun suka nulis semua hal.. ^^

    BalasHapus
  4. Hehe sama mbak...
    Pas baca2 tentang niche blog ini, sepertinya tidak akan sulit...
    Pas prakteknya, luar biasa hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)