#180# LANGUAGE INTELLIGENCE - Part 2

Pic : Internet

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menguraikan tentang dahsyatnya kecerdasan berbahasa yang bisa membawa pengaruh bagi lingkungan sosial. Karena sebegitu pentingnya kecerdasan berbahasa ini, sehingga sangat perlu diterapkan juga kepada generasi muda masa depan, yakni anak-anak.

Menurut banyak penelitian tentang kecerdasan berbahasa (salah satunya yang dilakukan oleh University of Washington) menemukan bahwa kemampuan bahasa yang baik mendukung kesuksesan dalam bidang akademik dan sosial. Bagi anak-anak, kecerdasan dalam berbahasa sebaiknya ditanamkan sejak masih usia dini. Hal-hal sederhana seperti apa yang bisa kita lakukan agar mendukung kecerdasan berbahasa bagi anak?

Dikutip dari akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), orang tua dapat mengambil peran mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan hal-hal seperti di bawah ini. 
Mengajak anak berdiskusi tentang berbagai topik bahasan dan juga sering mengajak anak berdialog.  
Mengajak anak “ngobrol” dan berdiskusi terhadap suatu masalah adalah salah satu cara terbaik yang dilakukan untuk menjalin keakraban antara orang tua dan anak. Hal ini bisa jadi merupakan salah satu cara untuk “mengajarkan” kepada mereka tentang “Problem Solving” atau memecahkan masalah. Anak akan “dipaksa” berfikir dan mereka akan terbiasa menggunakan dan memaksimalkan kemampuan yang ada pada dirinya.

Pic : internet

Anak dengan kecerdasan bahasa sangat senang bila dibacakan buku oleh orangtua.  
Semasa kecil, orang tua saya memiliki kebiasaan mendongeng. Cerita-cerita tentang Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, sudah tidak asing bagi saya pada masa itu. Kebiasaan orang tua saya yang juga saya ingat sampai sekarang adalah senang membelikan buku cerita, dan memang dampak yang saya rasakan hingga dewasa seperti ini saya memiliki hobi membaca. Hal ini membuat saya berfikir bahwa kebiasaan yang baik memang harus dimulai sejak usia dini. Karena kebiasaan senang membaca, setiap anak akan terlatih dan memiliki perbendaharaan kata-kata yang lebih luas, sehingga kemampuan dalam berbahasa lebih maksimal.

Pic : Internet
Mengajak anak berkunjung ke perpustakaan
Kunci dari memiliki perbendaharaan kata-kata adalah sering membaca, dan salah satu tempat yang bisa mendukung itu semua adalah perpustakaan. Ada banyak buku tersimpan di dalam perpustakaan. Perpustakaan layaknya gudang ilmu. Beragam buku yang “dilahap” oleh anak-anak akan memberikan beragam informasi buat mereka.

Pic : Internet

Potensi anak dengan kemampuan bahasa akan makin terasah dengan mengajak anak mengarang cerita.
Hal yang dapat dilakukan selanjutnya untuk membantu mengembangkan kemampuan berbahasa adalah membiasakan anak untuk mampu “mengutarakan” apa yang ada di dalam kepala mereka. Setelah anak membaca buku, maka buat mereka untuk “mau” menceritakan kembali isi buku dengan cara mengarang. Dengan melakukan kegiatan ini, anak akan mengupayakan seluruh kemampuannya dalam menggunakan Bahasa.

#ODOP7 #Parenting #KelasNonFiksi  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#170# NICHE BLOG, APA YAA??