#174# MENJAJAL IBU KOTA - Part 2

Jakarta selalu penuh dengan cerita. Selain karena memang merupakan sebuah kota bersejarah dan penting buat negara ini, Jakarta juga memberi kesan yang beraneka ragam. Ada kemacetan, ada keunikan, segala hal ada disana. Saya mengenal Jakarta untuk pertama kali saat masih kecil lewat siaran televisi. Selain itu juga dari pelajaran di sekolah. Untuk pertama kalinya melangkahkan kaki di Jakarta, yang terfikir dalam benak saya adalah “seperti sebuah mimpi”. Seorang anak perempuan usia 19 tahun dari sebuah kota (yang mungkin hanya sebagian orang yang mengenal) yang jauh di pulau Kalimantan, ternyata bisa juga melangkahkan kaki ke kota besar, bahkan orang tua saya saja belum pernah (semoga kelak diberi kesempatan untuk bisa mengajak mereka, aamiin).



Salah satu icon dari kota Jakarta adalah Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan MONAS. Sebuah monumen yang didirikan dengan tujuan mengenang para pahlawan yang berjuang dalam merebut kemerdekaan dari pemerintah Hindia Belanda. Gak afdhol kayaknya kalau ke Jakarta gak berkunjung ke MONAS. Nah, perjalanan saya kali ini juga menyempatkan untuk mampir kembali di Monumen bersejarah ini. Bedanya kali ini saya datang di malam hari, kalau sebelumnya saya mengunjungi MONAS di siang hari.

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Satu lagi tempat di Jakarta yang juga menjadi tujuan perjalanan saya kali ini. Sebuah kawasan taman wisata yang isinya dipenuhi tema budaya Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada awalnya didirikan atas gagasan dan ide dari ibu negara Almh. Siti Hartinah Soeharto yang merupakan isteri dari presiden Soeharto. TMII merupakan miniatur lengkap Indonesia. Saat saya berkeliling disana, saya melihat rumah-rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Disebut sebagai Anjungan Rumah Daerah. Sebagai putra daerah Kalimantan Timur, tentu saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Anjungan Kalimantan Timur. Selain itu juga sempat beberapa kali mengambil dokumentasi di beberapa rumah adat yang lain.

Anjungan Kaltim

Anjungan rumah Aceh


Anjungan Rumah Aceh


Anjungan Kalimantan Selatan

Satu hal yang hampir sering saya lakukan, jika berkunjung ke suatu daerah adalah mengunjungi masjid yang terkenal di daerah tersebut. Nah, di kawasan TMII ini juga ada satu masjid yang cukup terkenal namanya masjid At-Tiin. Saya sempat melaksanakan sholat Sunnah dan berkeliling di sekitaran masjid. Sekali lagi saya bergumam dalam hati,  Akhirnya langkah kaki anak Kalimantan ini, sampai juga disini, yang selama ini hanya bisa lihat di televisi, hihi”. Alhamdulillah, nikmat mana lagi yang saya dustakan.

Masjid At-Tiin

Komplek Masjid At-Tiin


Di dalam Masjid At-Tiin

Sebenarnya waktu 5 hari belumlah cukup untuk berkeliling Jakarta. Satu hal yang cukup saya sesali, saya belum sempat mencoba makanan khas “kerak telor”, penasaran sih dengan rasanya, hehe. Tapi lain kali jika kembali ada kesempatan berkunjung, saya akan membayar rasa penasaran saya itu, hehe.

Kepada sahabat saya yang sudah bersedia direpotkan karena kedatangan saya, luar biasa saya sangat berterima kasih atas segala kebaikan juga terhadap keluarganya. Saya tak pernah menyangka mendapat pengalaman yang berkesan seperti ini. Mudah-mudahan kelak bisa kembali bersilaturahim ya.

Sampai jumpa di “travelling” selanjutnya.

#ODOP7 #KelasNonFiksi

Komentar

  1. Asyiknya terus berwisata. Setelah ini akan lanjut kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah belum tau neh, biasanya perjalanan akan terjadi secara mendadak hihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL