#175# VISUALISASI DATA DI SOCIAL MEDIA (Part -1 )

https://www.picimon.com/

Di zaman seperti sekarang, dimana dalam mencari informasi tentang segala hal aksesnya sangat mudah didapat, membuat setiap kita “melek” akan beragam peralatan canggih yang memang menunjang semua itu. Salah satunya adalah bernama “Smartphone”. Dunia seakan berada dalam genggaman tangan, begitulah kira-kira gambaran betapa pentingnya “eksistensismartphone dalam kehidupan kita. 

Smartphone telah merasuk menjadi bagian dari kehidupan kita semua. Disebutkan dalam sebuah sumber oleh Edy Pang yang merupakan seorang visual dan content editor di Indonesiabaik.id, bahwa tercatat sebanyak 200x per hari kuantitas penggunaan smartphone. Kiriman whatsapp dan mesenger sebanyak 2.496.000 per 24 jam. Dalam waktu 1 menit, kiriman berupa whatsapp dan messenger tercatat sebanyak 41.600.000, scroll di Instagram sebanyak 247.222 per 60 detik dan masih banyak data-data lain terkait hal tersebut.

Data yang bersumber dari Hootsuite (perusahaan platform media social dari Kanada), dan We Are Social (perusahaan platform media social dari Inggris), menyajikan statistik data seputar pengguna digital dan internet di Indonesia selama tahun 2019. Menurut data yang mereka sajikan telah terjadi peningkatan volume pengguna internet di Indonesia di tahun 2019, hingga menembus angka 150 juta dibanding tahun lalu.

Namun yang menjadi tantangannya adalah, konten seperti apa yang bisa dikatakan lebih attractive diantara konten-konten yang lain, yang lebih cepat berdampak? Yuk, kita cari tahu bersama.

Visual Content Attract People

“90% of the information sent to the brain is visual, and images are processed 600,000 times faster than text” – T-Siences .

Memori dalam otak kita akan lebih cepat menangkap informasi dalam bentuk visual. Bahkan dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa : Kemampuan otak dalam merespon beragam konten memiliki kemampuan yang beragam pula. 10% berupa sesuatu yang kita dengar, 20% apa yang kita baca, dan hampir 80% sesuatu yang kita lihat (Sumber Scribblelive).

https://www.mindtools.com/

Visual Content Connect Our Emotion

Konten berupa visual bisa membuat emosi seseorang berubah-ubah. Terkadang kita dalam suatu masa ketika melihat sebuah gambar yang bercerita tentang kesedihan, maka secara tidak sadar kita akan merespon hal yang sejalan. Akibat respon tersebut, maka otak akan bekerja untuk kemudian melakukan sesuatu yang dirasakan. Inilah yang dikatakan bahwa konten visual bisa mengkoneksikan emosi tiap kita.

http://alkindi.id/
How to create ?

Banyak jalan menuju Roma. Seperti kata pepatah, begitu pula apa yang kita hadapi sekarang. Bagaimana cara kita membuat konten agar apa yang jadi tujuan kita dapat tersampaikan ke khalayak ramai? Dengan menggunakan beberapa “tools” berikut, mudah-mudahan bisa mempermudah.

Foto. Media berupa foto-foto yang diambil dengan tampilan yang penuh makna dan seakan bercerita, akan membuat dan melahirkan respon yang baik dari si pengamat. Foto yang natural dengan cerita yang tersirat di dalamnya, akan menjadi “sesuatu”.

Quote. Adalah suatu kalimat atau kata-kata yang dianggap menarik dimana di dalamnya terdapat ide, pendapat atau gagasan seseorang. Quote juga dianggap mampu menarik respon dengan cepat.

Ilustrasi. Adalah merupakan hasil visualisasi dari suatu tulisan yang bertujuan untuk menerangkan sebuah cerita.

Infografis. Adalah merupakan representasi dari visual informasi, data atau ilmu pengetahuan yang disajikan dalam bentuk grafik.

https://www.niaga.asia/inflasi
https://makassar.terkini.id/
Nah, beberapa hal yang telah disebutkan di atas, semoga sedikit banyak bisa memberi gambaran kepada kita akan banyak sekali kemudahan bagi kita untuk dapat membagikan informasi apa saja kepada sekitar kita. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kita sudah bisa memanfaatkan hal-hal tersebut di atas dan memaksimalkan penggunaannya dalam keseharian kita? Bersambung di Part - 2.

#dirangkum dari agenda rutin “Sharing Knowledge” di BPS Provinsi Kalimantan Timur.
#ODOP7 #KelasNonFiksi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL