#175# VISUALISASI DATA DI SOCIAL MEDIA (Part -1 )
https://www.picimon.com/ |
Di
zaman seperti sekarang, dimana dalam mencari informasi tentang segala hal
aksesnya sangat mudah didapat, membuat setiap kita “melek” akan beragam
peralatan canggih yang memang menunjang semua itu. Salah satunya adalah bernama
“Smartphone”. Dunia seakan berada dalam genggaman tangan, begitulah kira-kira
gambaran betapa pentingnya “eksistensi” smartphone dalam kehidupan kita.
Smartphone
telah merasuk menjadi bagian dari kehidupan kita semua. Disebutkan dalam sebuah
sumber oleh Edy Pang yang merupakan seorang visual dan content editor di
Indonesiabaik.id, bahwa tercatat sebanyak 200x per hari kuantitas penggunaan
smartphone. Kiriman whatsapp dan mesenger sebanyak 2.496.000 per 24 jam. Dalam
waktu 1 menit, kiriman berupa whatsapp dan messenger tercatat sebanyak
41.600.000, scroll di Instagram sebanyak 247.222 per 60 detik dan masih banyak
data-data lain terkait hal tersebut.
Data
yang bersumber dari Hootsuite (perusahaan platform media social dari Kanada),
dan We Are Social (perusahaan platform media social dari Inggris), menyajikan
statistik data seputar pengguna digital dan internet di Indonesia selama tahun
2019. Menurut data yang mereka sajikan telah terjadi peningkatan volume
pengguna internet di Indonesia di tahun 2019, hingga menembus angka 150 juta dibanding
tahun lalu.
Namun
yang menjadi tantangannya adalah, konten seperti apa yang bisa dikatakan lebih
attractive diantara konten-konten yang lain, yang lebih cepat berdampak? Yuk,
kita cari tahu bersama.
Visual Content Attract People
“90% of the information sent to the brain is visual, and images are
processed 600,000 times faster than text” – T-Siences .
Memori
dalam otak kita akan lebih cepat menangkap informasi dalam bentuk visual. Bahkan
dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa : Kemampuan otak dalam merespon beragam
konten memiliki kemampuan yang beragam pula. 10% berupa sesuatu yang kita
dengar, 20% apa yang kita baca, dan hampir 80% sesuatu yang kita lihat (Sumber Scribblelive).
https://www.mindtools.com/ |
Visual Content Connect Our Emotion
Konten
berupa visual bisa membuat emosi seseorang berubah-ubah. Terkadang kita dalam
suatu masa ketika melihat sebuah gambar yang bercerita tentang kesedihan, maka
secara tidak sadar kita akan merespon hal yang sejalan. Akibat respon tersebut,
maka otak akan bekerja untuk kemudian melakukan sesuatu yang dirasakan. Inilah
yang dikatakan bahwa konten visual bisa mengkoneksikan emosi tiap kita.
http://alkindi.id/ |
How to create ?
Banyak
jalan menuju Roma. Seperti kata pepatah, begitu pula apa yang kita hadapi
sekarang. Bagaimana cara kita membuat konten agar apa yang jadi tujuan kita
dapat tersampaikan ke khalayak ramai? Dengan menggunakan beberapa “tools”
berikut, mudah-mudahan bisa mempermudah.
Foto. Media berupa foto-foto yang diambil
dengan tampilan yang penuh makna dan seakan bercerita, akan membuat dan
melahirkan respon yang baik dari si pengamat. Foto yang natural dengan cerita
yang tersirat di dalamnya, akan menjadi “sesuatu”.
Quote. Adalah suatu kalimat atau kata-kata
yang dianggap menarik dimana di dalamnya terdapat ide, pendapat atau gagasan
seseorang. Quote juga dianggap mampu menarik respon dengan cepat.
Ilustrasi. Adalah merupakan hasil visualisasi
dari suatu tulisan yang bertujuan untuk menerangkan sebuah cerita.
Infografis. Adalah merupakan representasi
dari visual informasi, data atau ilmu pengetahuan yang disajikan dalam bentuk
grafik.
https://www.niaga.asia/inflasi |
https://makassar.terkini.id/ |
Nah,
beberapa hal yang telah disebutkan di atas, semoga sedikit banyak bisa memberi
gambaran kepada kita akan banyak sekali kemudahan bagi kita untuk dapat
membagikan informasi apa saja kepada sekitar kita. Pertanyaan selanjutnya
adalah, apakah kita sudah bisa memanfaatkan hal-hal tersebut di atas dan
memaksimalkan penggunaannya dalam keseharian kita? Bersambung di Part - 2.
#dirangkum
dari agenda rutin “Sharing Knowledge” di BPS Provinsi Kalimantan Timur.
#ODOP7 #KelasNonFiksi
Informatif ..terima kasih
BalasHapussama-sama mba, hihi
Hapus