#179# LANGUAGE INTELLIGENCE - Part 1

Tadi siang terjadi obrolan antara saya dengan seorang kawan via whatssapp. Bermula dari sebuah postingan gambar yang berisi quote dari seorang ternama di Indonesia. Siapa yang tak kenal Anis Matta. Seorang cerdas yang juga merupakan seorang politisi di Indonesia. Kawan saya itu memang tahu kalau saya memiliki kekaguman kepada seorang bernama Anis Matta. Beliau menurut kacamata saya adalah seseorang yang memiliki kecerdasan dalam berbahasa (Kecerdasan Berbahasa).

Pic : internet

Sebenarnya kenapa seseorang yang memiliki kecerdasan dalam berbahasa bisa menarik perhatian saya dan mungkin bagi kita semua? Hal itu dikarenakan Bahasa adalah sesuatu alat yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Dalam kehidupan sosial, kemampuan berbahasa tentu menjadi sesuatu yang diperlukan. Utamanya bagi anak-anak, dimana akan membawa pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam sebuah tulisan dikatakan bahwa kemampuan dalam berbahasa yang baik akan mendukung kesuksesan dalam akademik dan sosial.

Apa sebenarnya makna dari kecerdasan berbahasa?
Kecerdasan berbahasa adalah kemampuan dalam menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini meliputi kemampuan dalam penggunaan tata Bahasa, bunyi Bahasa, makna Bahasa, dan penggunaan praktis Bahasa (Sumber : https://kloponom.wordpress.com/paud/kecerdasan-majemuk/kecerdasan-bahasa/).
Di tulisan selanjutnya akan saya uraikan apa saja yang dapat diusahakan untuk menumbuhkan kecerdasan berbahasa untuk anak-anak.

Terkadang bahkan hampir sepenuhnya kita temukan dalam realita di sekitar kita, dengan Bahasa dan kata-kata yang dahsyat, seseorang akan tergerak hatinya melakukan sesuatu karena Bahasa dan kata-kata tersebut merasuk ke dalam hati. Hal inilah yang saya lihat dalam diri seorang Anis Matta dan juga seorang Soekarno (presiden pertama Indonesia). Banyak kita temukan kata-kata bijak yang keluar dari mulut mereka mampu menggerakkan hati rakyat bahkan membawa pengaruh di lingkungan internasional.

Pic : Internet


Pic : Internet
Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” (salah satu dari kata-kata bijak dari seorang Soekarno). Hanya orang-orang yang memiliki kecerdasan berbahasa yang mampu membuat kalimat sedemikian inspiratifnya seperti beliau. Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” Membaca kalimat itu, tentu ada rasa gemuruh di dalam hati, menggelorakan semangat dalam diri. Inilah yang saya katakan bahwa kekuatan dari Bahasa mampu membawa pengaruh besar dalam kehidupan.

Pic : Internet
Tidak hanya kedua tokoh yang sudah saya sebutkan di atas yang memiliki kecerdasan dalam berbahasa. Saya juga terkagum dengan sosok seorang wanita yang juga menurut saya memiliki kecerdasan luar biasa. Najwa Shihab, seorang putri dari ulama terkenal di Indonesia yang terkenal karena kecerdasan dan ketajaman fikirannya. Seorang presenter yang punya ciri khas tersendiri. Acara “Mata Najwa” yang dikenal masyarakat, menjadi sebuah bukti tentang sosok istimewa wanita ini. Penampilan dalam setiap sesi, pertanyaan dan pernyataan yang keluar dari mulutnya selalu penuh dengan “kekuatan” yang bisa membuat subjek yang ditanya kadang menjadi gelagapan. Kata-kata bijak yang menjadi penutup juga membuat dan menggugah bagi siapa saja yang menyaksikan.

Jadi sebenarnya, Indonesia punya banyak sekali orang-orang yang cerdas, orang-orang yang penuh prestasi, dan menjadi “sesuatu” bahkan hingga di kancah luar negeri. Orang-orang seperti inilah yang seharusnya bisa menjadi role model buat kita dan anak-anak kita, agar mereka tidak salah dalam mengikut jejak. Tantangan buat kita sebagai orang tua, agar terus memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan generasi bangsa ini.

#ODOP7 #Parenting #KelasNonFiksi  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#170# NICHE BLOG, APA YAA??