#176# VISUALISASI DATA DI ERA SOSIAL MEDIA (Part - 2)
Di tulisan
sebelumnya, telah diuraikan tentang banyaknya “tools” yang bisa dimanfaatkan
dalam membuat konten-konten yang menarik. Selanjutnya tentu kita berfikir apa
saja yang bisa digunakan dalam menunjang pembuatan “tools” tersebut. Apakah
dalam membuat konten-konten yang bagus perlu didukung oleh sarana yang paling
baik. Misalnya saja dalam menggunakan foto sebagai media visual kita untuk
menyampaikan sebuah pesan, apakah kita diharuskan memiliki kamera DSLR
terbaik?? Apakah tidak mungkin foto yang kita gunakan adalah foto hasil
jepretan kamera Handphone?? Atau misal pada kasus membuat infografis, apakah
kita tidak bisa hanya menggunakan aplikasi Photoshop saja, atau harus
menggunakan aplikasi lain yang mungkin lebih “keren”?
https://www.dnasukses.com/ |
Ternyata
semua itu bukan masalah dalam menyajikan sebuah konten. Kita tidak perlu harus
memiliki “sesuatu” yang lebih bagus atau “lebih keren”. Namun maksimalkanlah
sesuatu yang kita kuasai. Jika kita misalnya hanya memiliki kamera handphone saja,
silakan gunakan itu untuk memotret sesuatu yang kita fikir bisa menjadi sesuatu
yang bermakna. Selanjutnya kita perdalam mengenai teknik memotret misalnya,
atau teknik pencahayaan, pengambilan angle foto dan lain sebagainya. Jadi mulai
sekarang, kita singkirkan sesuatu yang mungkin jadi penghalang kreatifitas
kita.
“the best camera “software” is the one you have with you.
KONTEN
VISUAL YANG BAIK YANG SEPERTI APA?
Dalam
penyajian sebuah konten, tentu kita juga perlu memahami “Bagaimana standarnya sebuah konten visual yang baik?” Ada beberapa
hal yang bisa jadi perhatian kita dalam membuat sebuah konten.
FOKUS
PADA PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN
Dalam
membuat konten yang baik, tentu wajib kita mengetahui apa sebenarnya pesan yang
ingin kita sampaikan kepada khalayak. Setelah kita bisa fokus pada hal
tersebut, maka sesuatu yang akan kita tuangkan dalam konten kita akan jadi
lebih mudah dan terarah.
BUAT
STYLE
Perlunya
kreatifitas “hadir” dalam membuat sebuah konten, agar penikmat konten kita
mendapatkan sesuatu yang berbeda ketika melihat konten karya kita dengan konten
karya orang lain.
INFORMASI
VALID
Dalam
menyebarkan konten yang kita buat, tentu haruslah berisi informasi yang valid.
Gunanya adalah agar apa yang kita sampaikan bisa dipertanggungjawabkan. Sesuatu
yang sifatnya HOAX lebih banyak membuat keresahan dalam masyarakat.
TIMING
YANG TEPAT
Membuat
konten hendaknya juga memperhatikan “timing” kapan akan kita keluarkan konten
kita. Perlunya kita “update” akan sesuatu yang sedang terjadi, agar konten yang
kita buat dan kita keluarkan di muka umum akan lebih cepat dapat perhatian dan
respon yang baik.
KONSISTENSI
Segala
hal yang dilakukan dalam mengembangkan sebuah konten perlu konsisten, agar
masyarakat selalu update akan informasi dari kita “si pembuat konten”.
BEDA
Sesuatu
yang beda dari biasa, tentu akan mendapat perhatian yang lebih daripada yang
lain. Maka dalam membuat konten, buatlah sesuatu yang membuat penikmat “segera
melirik” konten kita.
#dirangkum
dari agenda rutin “Sharing Knowledge” di BPS Provinsi Kalimantan Timur.
#ODOP7 #KelasNonFiksi
oh iya ya kekuatan visual juga harus disampaikan.
BalasHapusya, betul banget.
Hapus