#176# VISUALISASI DATA DI ERA SOSIAL MEDIA (Part - 2)


Di tulisan sebelumnya, telah diuraikan tentang banyaknya “tools” yang bisa dimanfaatkan dalam membuat konten-konten yang menarik. Selanjutnya tentu kita berfikir apa saja yang bisa digunakan dalam menunjang pembuatan “tools” tersebut. Apakah dalam membuat konten-konten yang bagus perlu didukung oleh sarana yang paling baik. Misalnya saja dalam menggunakan foto sebagai media visual kita untuk menyampaikan sebuah pesan, apakah kita diharuskan memiliki kamera DSLR terbaik?? Apakah tidak mungkin foto yang kita gunakan adalah foto hasil jepretan kamera Handphone?? Atau misal pada kasus membuat infografis, apakah kita tidak bisa hanya menggunakan aplikasi Photoshop saja, atau harus menggunakan aplikasi lain yang mungkin lebih “keren”?

https://www.dnasukses.com/





Ternyata semua itu bukan masalah dalam menyajikan sebuah konten. Kita tidak perlu harus memiliki “sesuatu” yang lebih bagus atau “lebih keren”. Namun maksimalkanlah sesuatu yang kita kuasai. Jika kita misalnya hanya memiliki kamera handphone saja, silakan gunakan itu untuk memotret sesuatu yang kita fikir bisa menjadi sesuatu yang bermakna. Selanjutnya kita perdalam mengenai teknik memotret misalnya, atau teknik pencahayaan, pengambilan angle foto dan lain sebagainya. Jadi mulai sekarang, kita singkirkan sesuatu yang mungkin jadi penghalang kreatifitas kita.

“the best camera “software” is the one you have with you.



KONTEN VISUAL YANG BAIK YANG SEPERTI APA?
Dalam penyajian sebuah konten, tentu kita juga perlu memahami “Bagaimana standarnya sebuah konten visual yang baik?” Ada beberapa hal yang bisa jadi perhatian kita dalam membuat sebuah konten.

FOKUS PADA PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN
Dalam membuat konten yang baik, tentu wajib kita mengetahui apa sebenarnya pesan yang ingin kita sampaikan kepada khalayak. Setelah kita bisa fokus pada hal tersebut, maka sesuatu yang akan kita tuangkan dalam konten kita akan jadi lebih mudah dan terarah.



BUAT STYLE
Perlunya kreatifitas “hadir” dalam membuat sebuah konten, agar penikmat konten kita mendapatkan sesuatu yang berbeda ketika melihat konten karya kita dengan konten karya orang lain.

INFORMASI VALID
Dalam menyebarkan konten yang kita buat, tentu haruslah berisi informasi yang valid. Gunanya adalah agar apa yang kita sampaikan bisa dipertanggungjawabkan. Sesuatu yang sifatnya HOAX lebih banyak membuat keresahan dalam masyarakat.

TIMING YANG TEPAT
Membuat konten hendaknya juga memperhatikan “timing” kapan akan kita keluarkan konten kita. Perlunya kita “update” akan sesuatu yang sedang terjadi, agar konten yang kita buat dan kita keluarkan di muka umum akan lebih cepat dapat perhatian dan respon yang baik.

KONSISTENSI
Segala hal yang dilakukan dalam mengembangkan sebuah konten perlu konsisten, agar masyarakat selalu update akan informasi dari kita “si pembuat konten”.

BEDA
Sesuatu yang beda dari biasa, tentu akan mendapat perhatian yang lebih daripada yang lain. Maka dalam membuat konten, buatlah sesuatu yang membuat penikmat “segera melirik” konten kita.

#dirangkum dari agenda rutin “Sharing Knowledge” di BPS Provinsi Kalimantan Timur.

#ODOP7 #KelasNonFiksi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#170# NICHE BLOG, APA YAA??