#118# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (part 1)

Jika foto-foto mendokumentasikan perjalananmu, maka tulisan akan semakin menambah asyik travellingmu.

Waah, maaf nih karena kesibukan yang seabrek baru sempat lagi update blog. Seperti janji saya, blog kali ini akan saya tulis pengalaman saya selama enam hari melakukan perjalanan ke Kalimantan Selatan. Apa saja kegiatan yang dilakukan selama disana??, semua adalah segala hal yang menyenangkan, dan bagi saya ini adalah liburan yang bisa dibilang tak akan terlupakan (cieeh). Pada KEPO (Knowing Every Particular Object) gak?? Heheh Kuy, Blog Walking di sini ya. ☺


Rainy’s Day Literary Festival, adalah sebuah moment yang mengawali langkah perjalanan saya ke Provinsi Kalimantan Selatan. Bertemu dengan orang-orang hebat dan berpengalaman di bidang sastra dan menimba banyak ilmu dari mereka adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya pribadi. Bermula dari di tag  seorang kawan di social media yang saya punya mengenai seleksi puisi untuk buku antologi “The First Drop Of Rain”. Kegiatan ini ada di dalam sebuah agenda yang berwujud festival sastra independen, dimana dana nya dibiayai oleh pemerintah kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan dan selain itu juga bersama dengan lembaga-lembaga lain yang punya concern yang sama di bidang sastra. Disamping kegiatan peluncuran buku antologi puisi “The First Drop Of Rain”, diselenggarakan juga kegiatan “Urun Rembuk” Pertemuan Penulis 9 (Sembilan) kota di Kalimantan, yakni Tarakan, Bontang, Samarinda, Singkawang, Banjarbaru, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan dan Pontianak. Pertemuan ini dalam rangka membentuk sebuah Forum Penulis areal Kalimantan.


Dengan adanya beragam kegiatan yang sangat menarik inilah, akhirnya saya dan 2 orang kawan saya yang memang aktif di komunitas literasi di Samarinda akhirnya berangkat dan menghadiri kegiatan tersebut. Wah, ternyata sampai disana, saya pribadi cukup terkaget-kaget karena banyak sekali para penulis dan penggiat sastra dari hampir seluruh Indonesia. Dan yang membuat saya “surprice” disana saya bertemu dengan penyair idola saya sejak dulu. Namanya Hasan Aspahani, seorang penyair dari Kalimantan Timur. Punya karakter kuat dalam tiap puisi-puisi yang dihasilkannya. Tidak hanya itu beliau juga sangat berpengalaman dalam bidang jurnalistik Karena pernah menjadi salah satu pemimpin redaksi di sebuah Surat Kabar Ternama di Batam.

Pertemuan dengan beliau ini membawa kesan yang berarti sekali buat saya. Bayangkan saja, selama ini sangat mengagumi karya-karya beliau, kemudian juga pernah mendapat kesempatan bertemu beliau dalam sebuah seminar di Samarinda (kota saya tinggal), namun karena suatu hal saya tidak jadi menghadiri (sedih banget saat itu). Ternyata ketika menghadiri kegiatan Rainy’s Day ini justru seperti mimpi yang jadi kenyataan (hahha, lebay tapi itulah yang saya rasakan). Saya tidak pernah menyangka bisa berada dalam satu mobil, satu meja, dengan seorang penulis idola dimana karya-karya nya selama ini selalu saya “nikmati dan pelajari”.

Mau tahu kelanjutannya kisah perjalanan saya dan beragam pengalaman selama berada disana?? Nantikan di tulisan selanjutnya ya.

#OneDayOnePost #YukNulis #NonFiksi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL