CHEVENING SCHOLARSHIP PRESENTATION IN SAMARINDA

Setiap kita pasti punya mimpi, keinginan, dan harapan. Mimpi seperti suplemen bagi tiap diri untuk bisa mendorong atau membangkitkan semangatnya dalam menggapai impian itu. Tentu saja syaratnya adalah bukan hanya bermimpi, tapi bersegera bangun dan wujudkan mimpinya.
Salah satu mimpi banyak generasi muda Indonesia adalah mewujudkan mimpi bisa bersekolah di luar negeri. Hal ini tidak berarti menunjukkan kualitas sekolah yang ada di Indonesia tidak cukup bagus jika dibandingkan dengan sekolah di luar. Sama sekali tidak seperti itu. Justru dengan bersekolah di luar negeri, diharapkan ke depannya, mereka yang  mendapat kesempatan belajar disana, bisa menjadi “virus” yang akan membawa dampak yang baik utamanya dalam hal pendidikan di Indonesia. Mengenal beragam budaya, pemikiran dan banyak hal tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka yang mengambil langkah ini.
Belajar di luar negeri, pasti mahal. Pernyataan seperti itu pasti sedikit banyak “menggelayuti” fikiran kita. Apakah orang-orang yang orang tuanya memiliki penghasilan pas-pasan bisa mewujudkan keinginannya? “Why Not”. Di zaman sekarang, dimana teknologi sudah semakin canggih, kita bisa banyak mendapatkan informasi mengenai bantuan dana pendidikan dengan sangat mudah dan cepat. Internet yang mudah diakses dimana saja, sudah seperti “kantong doraemon” bagi kita. Tinggal sekali klik di “Google” maka ratusan informasi dengan sangat cepat bisa kita terima. Program beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri, sudah bisa menjadi jalan bagi kita yang ingin mewujudkan mimpi bersekolah di luar negeri.

Pic : indonesianembassy.org.uk
Salah satu program beasiswa dari pemerintah Inggris “Chevening Scholarship”, beberapa waktu yang lalu, berkunjung ke Kota Tepian Samarinda.  Kedatangan mereka dalam rangka kunjungan dan untuk berbagi informasi mengenai program beasiswa kembali setelah 10 tahun silam mereka berkunjung. Presentasi yang digelar di salah satu universitas negeri di Samarinda beberapa waktu yang lalu ini, cukup banyak menyedot perhatian dari berbagai kalangan, utamanya didominasi oleh para mahasiswa. Antusiasme terhadap “Chevening Scholarship” membuat banyak respon positif dari para undangan. Banyak yang mengajukan pertanyaan kepada pembicara mengenai syarat-syarat, fasilitas dan hal-hal yang terkait jika kita berkeinginan untuk “meng-apply” beasiswa ini. Berikut beberapa informasi yang sempat saya rangkum, semoga bisa bermanfaat.



Pic : My Collection

a.  Syarat Umum
1. Warga Negara Indonesia, yang telah menamatkan pendidikan Strata-1, IPK Minimal 3,00. IPK 2,8 memungkinkan untuk mendaftar, dengan catatan melampirkan bukti telah bekerja dengan pengalaman kerja > 4 (empat tahun).Jika ada yang bekerja secraa parttime maka dapat dikonversikan 2800 jam kerja.
2. Belum pernah mendapat beasiswa Chevening, dan juga bukan merupakan keluarga besar kedutaan Inggris.


Pic : My Collection

b.  Syarat Khusus
1.  Melampirkan Bukti Telah diterima + 4-8 minggu setelah mendaftar.
2.  Kemampuan dalam berbahasa inggris juga menjadi syarat utama yang harus dilengkapi. Kemampuan ini dilihat dari hasil ujian TOEFL dan IELTS yang telah ditetapkan standar oleh mereka. Jadi buat kalian yang berminat dengan beasiswa ini, mulai dari sekarang mempersiapkan diri agar nilai ujian TOEFL dan IELTS nya memenuhi standar mereka. Standar IELTS 6,5, TOEFL-IBT 79, dan TOEFL-ITP minimal 580.

c.  Keuntungan-keuntungan dan fasilitas
1.  Masa pendidikan yang cukup singkat yang akan dilalui jika menempuh pendidikan di Inggris untuk Program study setara Strata-2 adalah selama 1 tahun.
2.  Banyak fasilitas yang disediakan oleh pemerintah inggris untuk mereka yang berhasil lolos setelah mengikuti beberapa tahap seleksi. Dana pendidikan FULL*) akan ditanggung, Biaya kedatangan (Ticket PP), Additional Grant (semacam biaya jalan-jalan),Biaya kesehatan (karena BPJS Kesehatan tidak ada disana, heheh), Free Biaya Visa dan masih banyak fasilitas lain yang belum sempat saya catat (Cek langsung ke website www.chevening.org).
3.  Exclusive Networking, telah ada sekitar 48.000 alumni Chevening Scholarship.

Pic : surfinginmap.club
Chevening Scholarship mencari orang-orang yang memiliki potensi untuk menjadi seorang leader (pemimpin), decision maker (pengambil keputusan), background akademis yang baik dan personal record yang tentu juga baik. Kalian memiliki itu semua dalam diri kalian? Ayo, segera daftar. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat tidak hanya buat saya tetapi juga buat yang membaca. Semoga sukses.

Tuntutlah Ilmu meski sampai ke negeri China (Al Hadits)
Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat (Al Hadits)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL