#158# PUASA, YUK PUASA


Marhaban Yaa Ramadhan

Alhamdulillah, kembali kita diberikan kesempatan untuk dapat kembali menjumpai bulan yang mulia, bulan yang istimewa yakni bulan Ramadhan. Ibadah utama yang menjadi ciri khas di bulan Ramadhan adalah pelaksanaan ibadah puasa. Apa sih puasa itu? yuk kita coba kaji, cekidot !!

PUASA
Puasa menjadi kekhasan pertama ibadah di bulan suci Ramadhan. Puasa adalah sebuah upaya menahan diri untuk tidak makan dan minum dan juga menahan segala hal yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga terbenam matahari di ufuk barat. Nah perintah berpuasa sendiri sudah tercantum di dalam surat Al baqarah ayat 183, yang terjemahannya sebagai berikut : “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atasmu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.”

Jadi pada dasarnya puasa adalah diwajibkan atas diri orang-orang yang mengimani Allah, dengan tujuan akhirnya adalah bisa menjadi orang yang bertaqwa. Sedang arti taqwa adalah melakukan segala yang diperintahkan dan menjauhi segala larangan. 

Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwasanya puasa adalah untuk Allah. Begitu banyak ibadah yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW . Puasa menjadi istimewa dikarenakan hanya puasa lah satu satunya ibadah yang pahala nya tergantung dan sekehendak Allah memberikan untuk hambanya. Ketika ada ibadah yang ketika dikerjakan bisa dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat, atau 700 kali lipat, tapi tidak dengan puasa. Allah bisa memberikan lebih dari itu, sesuai kehendak- Nya.  Ada dua kebahagiaan yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa, yakni kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan saat bertemu dengan Rabbnya.

Nah dengan demikian, semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa kita dengan sebaik-baiknya, dan juga mengiringi ibadah puasa kita dengan ibadah-ibadah lain sebagai pelengkap ibadah kita di bulan Ramadhan.

Sepenggal hati menjadi tersentak,
Tika tanya muncul ke permukaan
Mau kemana kah engkau tuan,
mencari surga yang terbuka pintunya,
disana, di sudut langit yang memperlihatkan cahaya.
(Samarinda, Mei 2019)
#DAY_1
#RWC
#One_day_one_post

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL