#188# PENGHARGAAN, PENTINGKAH?

https://www.ruangobrol.id/

Seberapa pentingkah sebuah penghargaan bagi kita atas usaha yang kita lakukan dalam pekerjaan ataupun dalam kehidupan sehari-hari?? Apa sih yang dimaksud dengan penghargaan? Penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi seseorang / lembaga terhadap usaha seseorang lainnya. Misal saja dalam sebuah perusahaan, diberikanlah sebuah penghargaan atas kerja keras seorang pekerja. Loyalitas yang sudah diberikan selama ini, menjadi penyebab dia mendapatkan penghargaan dari perusahaan tersebut.

Penghargaan bisa beragam bentuk. Bisa berupa materi maupun inmateri. Berupa materi seperti uang, piala ataupun barang-barang dalam bentuk lain. Sedangkan inmateri seperti piagam, ijazah, promosi jabatan ataupun sekedar ungkapan pujian.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga mendapatkan sebuah penghargaan dari instansi tempat saya bekerja yakni berupa penghargaan “Satya Lencana Karya Satya” PNS 10 Tahun. Tidak terasa memang, sudah hampir 13 tahun saya mengabdi pada instansi saya ini. Perjalanan 13 tahun tentu bukan merupakan hal yang mudah. Banyak suka duka, liku-liku yang sudah saya hadapi. Senangkah saya mendapatkan hal tersebut? Tentu saja. Karena itu berarti kerja keras saya selama ini dihargai. Adalah hal yang fitrah ketika seorang anak manusia ingin “diakui”. Mendapatkan penghargaan berarti mendapatkan pengakuan. Saya diakui keberadaannya.



HAL POSITIF DARI SEBUAH PENGHARGAAN TERHADAP KARYAWAN
Banyak hal positif didapat dari sebuah penghargaan, apa saja itu? Yuk disimak.
1.      PENINGKATAN PRODUKTIFITAS KERJA
Ketika mendapatkan penghargaan, tentu yang bersangkutan akan lebih meningkatkan kinerjanya dari semula. Hal ini tentu akan membawa dampak baik bagi perusahaan. Secara tidak langsung, yang bersangkutan akan menjadi role model bagi karyawan yang lain. Jika semua karyawan melakukan pekerjaannya dengan baik, tentu kinerja perusahaan juga akan baik. Hal ini akan membawa keuntungan besar bagi perusahaan tersebut.

2.    KARYAWAN AKAN MENINGKATKAN LOYALITASNYA
Ketika merasa dihargai tentu setiap kita akan memberikan sikap penghargaan pula bagi yang memberi. Tentu seseorang yang mendapatkan penghargaan, akan berusaha memberikan yang terbaik terhadap perusahaannya tersebut. Hal inilah yang dinamakan loyalitas.

3.    CITRA YANG BAIK BAGI PERUSAHAAN
Citra yang baik bagi perusahaan, adalah faktor yang sangat penting yang menjadi satu kunci kemajuan perusahaan. Tentu mitra-mitra di luar yang akan mengajukan kerja sama sudah pasti melihat bagaimana citra perusahaan tersebut. Dengan seringnya memberi penghargaan kepada karyawan, tentu akan melahirkan respon positif akan iklim perusahaan tersebut. Perusahaan akan dikenal sebagai perusahaan yang baik, karena ditunjang oleh karyawan-karyawan yang loyal dalam bekerja.

#ODOP7 #KelasNonFiksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL