#187# 3 APLIKASI YANG PERLU ADA DI SMARTPHONE

Gak pernah bosennya saya menulis tentang pentingnya belajar Bahasa Inggris ataupun Bahasa Asing lainnya di masa sekarang. Karena memang kebutuhan akan hal itu sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan yang perlu untuk diperhatikan. Tuntutan zaman, “memaksa” kita untuk mau tidak mau mengupgrade diri kita agar bisa memiliki setidaknya “sedikit” pengetahuan tentang itu.


Memahami bahasa yang bukan bahasa ibu, adalah memang bukan hal yang mudah. Seperti Bahasa Inggris misalnya. Namun dengan kecanggihan teknologi di masa sekarang, kita gak perlu lagi merasa kesulitan atau bingung, karena kita bisa menggunakan kemajuan teknologi menjadi “jalan pintas” buat kita untuk belajar. Nah saya ingin berbagi dengan teman-teman semua mengenai aplikasi-aplikasi apa aja yang bisa kita manfaatkan dalam proses belajar ini, yuk cekidot.

U-DICTIONARY
Memaknai kata-kata atau kalimat yang sulit dalam Bahasa Inggris, tentu yang kita perlukan adalah sebuah kamus. Dengan kamus, kita akan menjadi sangat terbantu saat menemukan kata-kata sulit yang kita tidak tahu terjemahannya. Nah, bagi kita yang berada dalam tingkatan pemula, sebaiknya kita menggunakan “Kamus Dua Bahasa” atau “Bilingual Dictionary”. Saya bisa sarankan buat teman-teman untuk mendownload aplikasi kamus “U-Dictionary”. Nah aplikasi kamus ini gratis lho. Di dalamnya banyak fitur-fitur yang bakal ngebantu kita untuk bisa meningkatkan kemampuan kita dalam Bahasa Inggris, gak hanya sebagai sebuah kamus biasa. Selain pilihan bahasa yang cukup banyak, aplikasi ini juga menyediakan sarana belajar lewat video dan audio. Tentu dengan audio, akan melatih kita untuk meningkatkan kemampuan listening kita. Ada juga fitur yang bakal ngebantuin kita untuk berlatih pronounciation setiap harinya. Ada latihan-latihan soal juga, dan banyak banget deh. Karena itu, yuk segera download aplikasi keren ini melalui playstore ya.


MERRIAM WEBSTER
Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, jika kita masuk ke dalam kategori pemula, maka aplikasi yang tadi sudah saya sampaikan akan sangat membantu teman-teman. Nah beda lagi nih, jika teman-teman sudah mahir dalam Bahasa Inggrisnya. Tentu kita tetap perlu yang namanya kamus agar vocabulary kita menjadi semakin bertambah dan berkembang. Ada satu aplikasi keren yang namanya “MERRIAM WEBSTER”. Bisa kalian download di playstore. Apa aja sih kelebihan dari aplikasi ini?  Yuk disimak. Aplikasi “MERRIAM WEBSTER” ini bisa masuk di kategori “Monolingual Dictionary” atau kamus satu bahasa. Jadi di dalamnya merupakan penerjemahan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan Bahasa Inggris juga. Misalnya “Home” maka akan dijelaskan apa itu makna “home” dalam Bahasa Inggris. Selain itu kita juga dibantu dengan fitur “synonym”. Kendala kita dalam mengikuti ujian TOEFL, terkadang kebingungan dengan sinonim sebuah kata. Nah, aplikasi ini keren banget karena memberikan banyak synonym kata. Berlatih pronounciation juga akan terasah disini, karena tersedianya fitur audio. Ada games juga lho, pokoknya seru banget deh. Segera download ya aplikasi keren ini di smartphone kalian.


LEARNING ENGLISH PODCAST
Pernah denger tentang podcast gak?? Podcast adalah salah satu alternatif media pembelajaran berupa audio. Jika kalian penggemar siaran radio, nah podcast juga kurang lebih semacam ini. Kita bakal banyak dapat pilihan-pilihan mau mendengarkan podcastnya siapa dengan topik yang juga beragam. Nah salah satu aplikasi yang saya sarankan “kudu” ada di smartphone kalian adalah “Learning English Podcast”. Di dalam aplikasi ini, ketika kalian download, maka akan kalian temukan beragam topik. Misal kalian menemukan topik tentang Pendidikan, nah di dalamya pun akan kalian temukan pula beberapa tema tentang pendidikan yang bisa kalian download untuk dipelajari. Maka akan melatih kita dalam meningkatkan kemampuan listening kita. Langsung download aja deh kalo penasaran, hehe.


Begitu banyaknya kemudahan-kemudahan yang bakal kita dapat ketika mau memanfaatkan kemajuan teknologi di masa ini. Jadi gak akan ada lagi kata-kata “sulit”, “gak ada akses” dan lain-lain. Belajar di media-media seperti youtube juga sangat membantu lho. Nah, mari mulai sekarang kita sama-sama belajar agar kita bisa menjadi orang yang bisa melewati persaingan di masa depan dengan kemampuan kita. Semoga bermanfaat.

#ODOP7 #KelasNonFiksi #LearnEnglish

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL