MENULIS ADALAH JALAN LAIN BERBICARA

Kalau bicara soal sebuah "wadah", maka yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah tempat untuk menyimpan sesuatu. Wadah yang ingin saya bahas disini adalah memiliki fungsi yang sama dengan "wadah" sesungguhnya. Pertama kali mengetahui tentang ODOP, adalah membaca dari sebuah share tulisan di sosial media oleh seorang kawan. Sebuah komunitas yang didalamnya "diharapkan" adalah mereka yang akan menjadi calon-calon penulis.
Jika melihat dari "namanya" ODOP yang merupakan kepanjangan dari One Day One Post, maka yang tergambar dalam benak saya pribadi adalah sebuah aktivitas dimana dalam satu hari akan memposting atau membagikan tulisan berupa informasi, sekedar cerita-cerita pendek, puisi dll, dengan komitmen bagi semua anggotanya adalah "memposting minimal 1 hari 1 tulisan". Woww, it's amazing. Mengapa?? Karena wadah ini secara tidak langsung ingin "memaksa" setiap anggotanya untuk menulis. Terkadang kebanyakan dari kita tidak menulis dikarenakan alasan-alasan klise. "Ah, hari ini saya tidak ada inspirasi", "Sepertinya hari ini biasa saja, tidak ada hal yang istimewa untuk diabadikan dalam sebuah tulisan", dan beragam alasan yang "diada-adakan". 
Sebagai sebuah wadah, harapan saya kelak ODOP akan menjadi kebiasaan yang baik. Tidak enak rasanya jika sehari tidak menulis. Karena untuk menjadi seorang penulis yang baik, tidak ada alasan lain kecuali "Kita harus menulis sekarang juga". Just it.
Kalian tahu "virus"? Ia adalah sesuatu yang "tugasnya" adalah menyebarkan. Andai saja komunitas ini bisa menjadi "virus" yang baik bagi anggota di dalamnya, menumbuhkan semangat untuk rajin menulis dan memperbaiki kualitas tulisannya, maka tentu saja ke depan akan lahir penulis-penulis yang bertalenta, penulis-penulis yang hebat dan inspiratif. 
Menulis adalah jalan lain berbicara, jalan lain untuk menyampaikan sesuatu. Menulis adalah aktivitas menuangkan apa yang ada dalam fikiran, benak dan kegundahanmu. Menulis akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki mental berbagi. Oleh karena itu menulislah tulisan yang bermanfaat. 
Harapan saya jika bergabung dalam komunitas ODOP ini, semoga masing-masing anggotanya bisa menjadi “moodboster” bagi anggota yang lain. Bisa menjadi “virus” yang baik dalam menularkan kebiasaan menulis. Teringat sebuah perkataan dari salah seorang sahabat nabi Muhammad SAW yang juga sekaligus menantu beliau Ali bin Abi Thalib ra “Ikatlah ilmu dengan tulisan”, hal ini berarti bahwa menulis adalah sesuatu yang dianjurkan. Semoga dengan bergabungnya kita dalam komunitas seperti ini, adalah upaya kita juga untuk menjaga ilmu disamping mengamalkannya. Semangat menulis.

Sumber Foto : Daeng "Paranreng"

Komentar

  1. Sepakat
    Siapa bilang tidak ada inspirasi yang datang setiap hari?
    Inspirasi menulis bertebaran di sekitar kita, kita tinggal membuka rasa kepekaan kita lebar-lebar untuk menangkapnya.

    Good Job!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, iya semoga dgn bergabung semakin semangat dlm menulis dan menjadi penyemangat bagi yg lain. Terima kasih atas kesediaan mengajak sy bergabung hehehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL