#196# TAKJIL RAMADAN


Pastel
Kalau ngomongin soal takjil, di rumah sih lebih seneng dengan yang asin-asin. Bakwan dan semacamnya merupakan salah satu favorit tiap buka puasa. Ada satu makanan yang juga favorit di keluarga kami. Namanya pastel, penasaran cara buatnya? Sok atuh disimak, hehehe.

Pastel yang saya maksud bukan pastel goreng yang sering di pasaran. Bentuknya lebih kayak martabak. Namun kami tetap menyebutnya pastel, hehe. Cara masaknya dibagi dua tahap, membuat isi pastel dan kulitnya.

MEMBUAT KULIT

Bahan-bahanya telur, tepung, garam, royco, semua sesuai takaran (dikira-kira aja ya, hehe). Semua bahan dicampur dan diberi air hingga membentuk adonan dadar. Panaskan wajan atau tevlon, dan dadar seperti biasa, jangan terlalu kering ya karena bisa keras hehe.

MEMBUAT ISI PASTEL

Bahan-bahanya wortel, kentang, ayam dipotong kecil-kecil, telur, daun sop. Siapkan bumbunya yang terdiri dari bawang putih, lada, garam. Semua bumbu dihaluskan. Untuk isi pastel tadi disiangi, dicuci dan siap untuk dimasak terlebih dahulu.

Panaskan minyak, masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, ketika sudah harum masukkan ayam terlebih dahulu, setelah agak empuk masukkan wortel dan kentang, terus diaduk rata. Ketika sudah mulai masak, masukkan telur diatasnya dan di aduk beserta potongan daun seledri atau daun sop. Jangan lupa tambahkan garam, penyedap rasa, jangan sampai keasinan yaa, hehee. Begitu semua bahan sudah masak angkat dan dinginkan.

Ambil selembar kulit dadar yang sudah jadi, isi dengan isian pastel yang sudah dimasak tadi, dilipat hingga membentuk segi empat. Setelah semua terlipat, siapkan adonan untuk menggorengnya, tetapi cukup dengan minyak sedikit ya, bukan minyak yang banyak. Nah sebelum itu pastel yang sudah terlipat tadi kita masukkan ke adonan telur yang sudah kita siapkan, kemudian di goreng. Tunggu sampai kekuningan, angkat dan tiriskan. Untuk hasil yang lebih nikmat, siapkan saus sambal sebagai pelengkap, Akhirnya pastel siap dihidangkan. Selamat menanti berbuka puasa ya kawan-kawan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL