#193# VARIASI MINUMAN TEMAN BERBUKA PUASA

Ramadhan sudah tiba, semangat menjalankan puasa ya buat teman-teman sekalian. Nah, saya ingin mengajak teman-teman sejenak  “berkeliling” untuk menikmati beberapa jenis minuman manis yang biasanya selalu jadi tamu setia di meja makan saat menanti waktu berbuka puasa


Sumber : internet

Es Buah
Jenis minuman yang didalamnya didominasi oleh beberapa jenis buah dan memiliki rasa yang manis dan agak asam. Minuman ini jarang ditemui jika bukan dalam bulan Ramadhan. Kalau di daerah tempat saya tinggal yaitu di Samarinda, jenis-jenis buah yang digunakan yaitu kates / pepaya, dan Nanas. Rasa manis didapat dari campuran air gula, sedang rasa asamnya dihasilkan dari sedikit sitrun (sejenis asam organic yang dihasilkan dari tumbuhan Genus Citrus (jeruk-jerukan) yang berfungsi sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman.  Namun untuk menambah tampilan lebih menarik, biasanya akan ditambahkan kolang-kaling dan potongan agar-agar yang berwana cerah. Jangan lupa untuk menambahkan es batu di dalamnya. Hmm, dijamin buka puasa teman-teman semua akan lebih terasa segar dan “manis”.


Sumber : internet

Es Selasih
Siapa yang belum tahu dengan minuman yang satu ini? Es selasih adalah salah satu alternative minuman yang mampu menghilangkan dahaga teman-teman semua selama berpuasa. Minuman manis ini menggunakan biji selasih yang sudah di rebus (sebagian tempat ada juga yang hanya direndam air mendidih). Dicampur dengan larutan beresense dengan berbagai varian rasa. Sejak saya kecil, saya tidak mengenal selasih, tetapi mengenalnya dengan sebutan ‘Es Telur Kodok”.


Sumber : internet

Es Campur
Kombinasi minuman yang terdiri dari beberapa buah-buahan, cincau, kolang-kaling, irisan daging kelapa yang diberi susu serta campuran larutan beresense. Selain di bulan Ramadhan, es Campur bisa ditemukan juga di hari-hari biasa.


Sumber : internet

Es pisang ijo
Di Samarinda sendiri, penduduknya juga didominasi oleh suku Bugis dari Sulawesi, sehingga tidak aneh jika makanan dan minuman khas dari sana juga mewarnai variasi makanan dan minuman yang ada. Salah satunya adalah es pisang ijo. Salah satu minuman kreasi larutan beresense yang rasanya manis. Di dalamnya terdapat pisang yang dibungkus dengan balutan dadar tepung berwarna hijau, bubur sum-sum, dan tidak lupa diberi susu kental manis. Jangan lupa tambahkan es batu di dalamnya ya, biar lebih segar.

Demikian beberapa jenis minuman yang biasanya menemani buka puasa. Seperti anjuran rasulullah, bahwa buka lah puasa kita dengan yang manis, bisa jadi satu alternative kan ya. Selamat menunaikan ibadah puasa. 

#RWCODOP2020 #ODOP #RWCDay1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL