#195# NGABUBURIT ASIK



Dampak dari penyebaran COVID-19 membuat hampir seluruh masyarakat menjadi terbatas aktivitasnya, tak terkecuali umat muslim terlebih di bulan ramadhan seperti saat ini. Salah satu ke khas-an di bulan ramadhan adalah aktivitas ngabuburit. Menurut tulisan yang pernah dibaca, ngabuburit sebenarnya berasal dari masyarakat Sunda. Yang secara singkat artinya adalah sebuah aktivitas menunggu sore. Tujuannya adalah mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Konon katanya, aktivitas yang terjadi seperti kegiatan mengaji, dan melakukan ibadah-ibadah lain bersama guru dan ustadz. Seiring perkembangan zaman, konteks ngabuburit sudah mulai bergeser. Di zaman sekarang ngabuburit lebih dikenal sebagai aktivitas jalan-jalan sore sembari mencari sajian berbuka puasa, atau hanya sekedar ngobrol dan nongkrong di suatu tempat. Tetapi melihat kondisi seperti sekarang, tentu hal-hal demikian tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi cerita tentang “ngabuburit” versi saya selama ramadhan tahun ini.

MENGISI WAKTU DENGAN BELAJAR ONLINE

Saya cukup apresiasi dengan beberapa penyelenggara belajar online yang saya ikuti. Sebuah langkah baru yang sangat baik dalam memanfaatkan waktu #dirumahaja. Saya berkesempatan mengikuti pembelajaran secara online dengan materi yang beragam. Ada bimbingan belajar bahasa arab, English conversation, dan belajar public speaking. Siapa tahu ada teman-teman yang juga berminat, bisa diikuti.

MENONTON HAFIZ INDONESIA

Salah satu program TV yang jadi alternative saya untuk mengisi waktu ngabuburit adalah menonton sebuah program religi bertemakan hafalan alqur’an. Hampir beberapa tahun belakangan program Hafiz Indonesia senantiasa menemani masyarakat Indonesia khususnya umat muslim. Saya selalu senang melihat anak-anak yang masih berusia belia namun telah banyak memiliki hafalan Alqur’an. Rasanya iri sama mereka, dengan usia yang masih muda telah menyimpan Alqur’an di dalam dada mereka.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengisi bulan ramadhan. Selama kegiatan itu bermanfaat, maka lakukan saja. Selamat menjalankan ibadah puasa.

#RWC2020 #Onedayonepost #Day3 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL