#219# Belajar Puasa


Tanpa terasa, Ramadan dan Cerita sudah melaksanakan puasa mereka selama empat hari. Meskipun mereka baru dalam tahap menahan lapar dan haus, namun sampai hari keempat apakah keduanya masih terlihat semangat? Yuk kita cek mereka berdua.

Ramadan meski berpuasa, masih saja aktif kesana kemari. Berbeda dengan adiknya, Cerita belum terlihat semangat seperti Ramadan. Seperti sore ini, dia terlihat berfikir sesuatu yang sangat berat. Ramadan abangnya tentu penasaran dong.

"Kamu kenapa Cerita? Kok keliatannya gak bersemangat kayak kemarin sih?", tanya Ramadan. "Mikirin apa toh dek?" tanya Ramadan

"Cerita hanya berfikir bang, kenapa ya kita harus berpuasa, padahal kita masih kecil?", Cerita memang anak yang cerdasnya di atas rata-rata anak seusianya.

"Kalau kata nenek, puasa itu kewajiban umat muslim. Meski kita masih kecil, harus belajar puasa. Kamu tahu gak kalau bukan hanya manusia saja yang berpuasa dek, hewan juga loh", Ramadan mengajak Cerita untuk duduk di kursi dekat taman rumah mereka dan menceritakan sesuatu

"Jadi selain manusia, beberapa hewan lain ternyata puasa juga dek. Ular contohnya. Ia berpuasa untuk tumbuh besar dan memanjang, selain itu berpuasanya dengan cara mengganti kulit" jelasnya.

"Ayam juga sama, mereka berpuasa juga, yaitu saat mengeram telur, makanya kalau hewan aja berpuasa, kita juga harus belajar puasa meski masih kecil, dan harus semangat, jangan mau kalah sama mereka", Ramadan tampak bersemangat bercerita, dan tentu saja Cerita juga memperlihatkan antusiasnya.

"Oh begitu ya bang, Cerita baru tahu, oke deh mulai sekarang Cerita bakal semangat belajar puasa yeaaah", Ramadan dan Cerita tampak ceria kembali. Alah bisa karena biasa, meski masih kecil, belajar puasa harus diajarkan agar kelak mereka bisa faham bahwa itu adalah kewajiban. Tetap semangat ya Ramadan, Cerita!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#170# NICHE BLOG, APA YAA??