#13# Pemuda Penawar Semangka


Semangka (Sumber : Internet)
Pernah kah terfikir, beragam cara dilakukan untuk melakukan hal-hal yang insya Allah bernilai pahala dan kebajikan. Sebuah kisah nyata yang akan saya share kepada teman-teman semoga bisa membawa manfaat.. Seorang pemuda pemberi semangka Siapa dia?? jujur saja, secara pribadi saya pun tidak mengenalnya. Melihatnya dalam dua hari ini di sebuah masjid yang cukup terkenal di kota Samarinda, saya mendapat sesuatu yang luar biasa.
Bermula dari agenda I'tikaf yang diadakan mesjid tersebut. Di hari pertama saya ikuti, saat makan sahur masjid ramai sekali dengan jamaah yang juga sedang menikmati makanan sahur yang telah disiapkan panitia masjid. Tak berapa lama kemudian saya melihat seorang pemuda membawa baskom kecil yang pada mulanya saya tidak tahu apa yang ada dalam baskom itu, ketika sudah dekat saya melihat ada potongan buah semangka, dia pun menawarkan kepada kami para jamaah, tentu saja saya tidak ketinggalan untuk mencicipi.
Hari kedua tepatnya dini hari tadi, saya kembali ikuti kegiatan itu, saat para jama'ah sedang makan sahur yang telah disiapkan, saya kembali melihat pemuda tersebut. Namun kali ini posisi saya berada sangat dekat dengannya. Akhirnya saya meminta izin untuk meminta dua semangka yang akan saya bagi ke adik saya. Saya masih duduk dekat seorang ibu yang sedang memotong semangka. Sepintas saya dengar, ibu itu berkata kepada pemuda tadi untuk membagikan semangkanya kepada salah seorang temannya. Lhah, saya baru sadar ternyata pemuda tadi bukan dari salah satu panitia masjid, melainkan bagian dari para jama'ah juga.
Hmmm, yang membuat hal ini begitu istimewa di mata saya adalah ternyata banyak hal mudah yang dapat kita lakukan untuk mencari dan menambah pahala bagi kita di bulan ramadhan. Dan itu pun sederhana, membawa semangka dalam baskom kecil dan berkeliling sekitar ruangan masjid untuk menawarkan semangka. Yah, daya tarik bulan Ramadhan memang luar biasa. Padahal tahun-tahun sebelumnya (kebetulan saya rutin mengikuti) di masjid ini tidak pernah dalam menyiapkan makanan sahur ada buah yang disajikan oleh panitia. Setiap orang berlomba melakukan amal kebajikan. Semoga pemuda dan ibunya itu mendapat pahala berlipat dari Allah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL