#14# Seorang Ibu Penawar Ampal Jagung

Malam terakhir Ramadhan, masih dilalui dengan harapan akan lahir pribadi baru yang layak di analogikan seperti kertas putih tanpa noda. Itulah harapan setiap insan yang meyakini betul keistimewaan ramadhan. Malam ini suasana i'tikaf di salah satu masjid terbesar di kota Samarinda lebih ramai dari kemarin. Apa mungkin faktor karena ini malam terakhir ramadhan, sungguh ternyata engkau masih istimewa di mata kami.
Masih ingat dengan cerita pemuda yang menawarkan semangka kepada para jamaah?? Hari ini aku masih melihatnya dengan aktivitas seperti kemarin, masih dengan sebuah baskom kecil kemudian berkeliling menawarkan semangka, bedanya malam ini aku tidak kebagian semangka, wajar saja para jamaah lumayan membludak. Ada satu kejadian yang kembali menarik perhatian, seorang ibu membawa kardus ukuran sedang berkeliling sambil menawarkan sesuatu. Kalian mau tahu apa itu?? Kalau di Samarinda masyarakat biasa menyebutnya Ampal Jagung, yah semacam panganan dari jagung dan campuran tepung yang digoreng.
Aku pun turut mencicipi, lumayan sebagai lauk tambahan. Lagi-lagi aku baru mengetahui kalau ibu ini juga bukan bagian dari panitia masjid yang menyiapkan santap sahur. Tiada beda dengan pemuda penawar semangka, tampaknya ibu ini adalah seorang yang niat mencari pahala kebaikan di sisa ramadhan. Dengan kardus di tangan, beliau berkeliling menawarkan ampal jagung yang dia bawa, setelah selesai aku mendengar perkataannya dalam bahasa banjar " nah nyaman sudah lakas tuntung", maksudnya dia senang karena bisa cepat menyelesaikan apa yang sekarang dia kerjakan. Istimewa ya Ramadhan, seistimewa perlakuan mereka terhadap kami para Jamaah. Dan ketika mau pulang, terbersit dalam fikiran ku, malam ini adalah malam terakhir di ramadhan tahun ini aku melihat pemuda itu, andai ada usia panjang, mungkin Allah akan kembali mempertemukan ku dengan pemuda penawar semangka yang lain, atau ibu penawar Ampal jagung yang lain pula di Ramadhan tahun depan. Insya Allah.

Ampal Jagung (Sumber : Internet)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL