#137# PRODUKTIF MEMBUNYIKAN DATA MELALUI OPINI (Seminar Menulis Grup "Perempuan BPS Menulis")


Tahukah jika sesuatu yang menjadi penghalang terbesar dari sebuah kesuksesan adalah justru datang dari diri kita sendiri?? Itulah yang saya rasakan. Apakah saya seorang yang penakut, tidak PD?? Saya katakan iya dalam beberapa waktu saya mengalaminya. Tapi sejak bertemu dengan mereka-mereka yang punya semangat tinggi dalam “menerobos zona nyaman” nya, saya seperti mendapatkan “booster” yang luar biasa. Seperti beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah bisa mendapat kesempatan “sharing” ilmu dengan seorang yang saya kenal namun belum pernah bertatap muka. Seorang ibu dari 5 (lima) orang anak. Beliau juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari BPS Kota Serang. Pengalaman dalam hal “menulis” sebanyak 69 opini di media massa (Surat kabar lokal dan nasional) selama 2 tahun terakhir, tentu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

Sebagai seorang ASN BPS, saya juga memiliki kewajiban untuk "membunyikan data" yang dimana "data" adalah produk dari instansi saya ini. Sempat saya mengajukan beberapa “kendala” yang saya hadapi selama ini yang membuat saya merasa kurang PD dalam hal menulis opini di surat kabar, namun bisa beliau jawab hanya dengan kalimat singkat dan padat “Tulis saja, jika ada yang complain, silakan diajarkan yang benar bagaimana”. Berikut beberapa hal yang sempat dijabarkan oleh beliau mengenai apa saja yang harus disiapkan sebelum menulis opini di Surat Kabar. Saya buat dalam catatan ringkas, semoga tidak hanya saya yang bisa mengamalkannya, namun buat kalian-kalian yang juga ingin mencoba “bercuap-cuap” di media massa. Chek It Out.  
Beberapa Tahapan dalam menulis Opini di Media Massa : 

A. Proses Menulis Opini
1. Menentukan tema yang aktual
2. Menentukan sudut pandang (angle) atau perspektif . 
3. Mencari dan menggunakan referensi/rujukan, pendapat para ahli.
4. Memulai menulis , memetakan dan mengidentifikasi masalah, membahas permasalahan yang sudah diidentifikasi , sampai membuat konklusi.

B. Menentukan tema aktual dapat dilakukan dengan cara:
1. Amati berita headline koran-koran utama yang memiliki reputasi baik setiap hari selama 4 hari
2. Amati berita TV berita selama seminggu. 
3. Baca situs-situs berita mainstream, seperti kompas.comdetik.comvivanews.com dll. 
4. Ikuti berita yang dimuat berulang selama 3-4 hari.

C. Struktur Tulisan Opini
1. judul 
2. Pendahuluan
3. Pembahasan
4. Kesimpulan
atau 
1. Judul : Singkat, padat, jelas (3-5 kata)
2. Pembuka (lead) : merupakan kalimat atau paragraf pembuka yang mengajak, menggoda, mengusik pembaca agar terus membaca sampai tuntas.
3. Penjelas (Batang Tubuh)
4. Penutup (ending)

D. Menyusun Alinea
1. Satu alinea biasa mengandung satu pokok pikiran
2. Uraikan inti masalah dengan singkat (3-5 kalimat)
3. Sifatnya, apakah menanggapi opini orang lain atau mengajukan opini tersendiri?
4. Uraikan pokok pikiran utama (main idea) menjadi beberapa pokok pikiran penunjang/turunan
5. Hubungkan satu alinea dengan alinea selanjutnya dengan jembatan pikiran (bridging) yang kuat
6. Hubungan antar alinea bisa bersifat: kronologis (waktu), spasiologis (ruang), dan kausalitas (sebab-akibat)

E. Pentingnya Data
1. Data penting untuk memperkuat pendapat yang diajukan, apalagi BPS merupakan gudangnya data. Penulis dari BPS diuntungkan dengan ini. tiap bulan BPS selalu merilis data. ini bisa menjadi ide untuk menulis tiap bulan.
2. Referensi penting untuk menunjukkan bahwa semua pendapat yang sama/berbeda sudah dipertimbangkan.

F. Edit
1.      Selesaikan draf, apapun bentuknya, tulis aja apa yang ada di kepala sampai bener-bener mentok..
2.      Endapkan tulisan awal selama beberapa waktu, cari inspirasi/kesibukan, perhatikan deadline.
3.      Tinjau ulang draf awal dan periksa dari segi substansi, struktur argumentai, atau gaya penulisannya.
4.      Bisa meminta pendapat atau masukan dari teman sebelum dikirim ke redaksi.


SELAMAT BELAJAR UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SENDIRI. 
SUKSES ADA DI TANGAN KITA SENDIRI. 
#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#170# NICHE BLOG, APA YAA??