DARI PENYEDIA DATA HINGGA PELAYANAN FOTO PERNIKAHAN


Badan Pusat Statisik Provinsi Kalimantan Timur, tidak ketinggalan semangatnya perihal mensosialisasikan kegiatan besar yang akan segera kita hadapi dan waktunya sudah tinggal menghitung hari saja. Kegiatan besar di tahun ini adalah pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016. Sosialisasi dilakukan tidak hanya melalui media televisi, surat kabar, siaran radio namun juga turut serta dalam perayaan Kaltim Fair 2016 yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yaitu sejak tanggal 7 April 2016 s.d 13 April 2016 bertempat di gedung Convention Hall GOR Sempaja Samarinda. 



Partisipasi BPS Provinsi Kaltim adalah dengan mengambil salah satu stand pameran, kemudian menampilkan beberapa produk publikasi yang beragam seperti Publikasi PDRB, Indikator Ekonomi, dan beberapa publikasi lain. Satu hal yang menarik adalah tersedianya fasilitas Foto Booth gratis sebagai bentuk apresiasi peran serta masyarakat dalam membantu kelancaran kegiatan Sensus Ekonomi 2016.

Sungguh di luar dugaan, banyak masyarakat sekitar yang terdiri dari mahasiswa, rumah tangga, hingga anak usia sekolah juga turut serta dalam menampilkan ekspresi dukungan mereka terhadap kegiatan BPS. Tidak hanya sekedar di foto saja, namun diberikan hasil cetakan fotonya sebagi kenang-kenangan dan bentuk terima kasih atas apresiasi yang besar terhadap kegiatan ini.

Ada satu hal yang unik saat kegiatan ini berlangsung. Ada seorang ibu rumah tangga yang turut berpartisipasi, setelah di Foto dan mengambil hasil cetakan fotonya, ibu itu mengajukan sebuah pertanyaan kepada kami. “Apakah BPS Kaltim juga bisa melayani foto pernikahan mba?” wah tentu saja membuat kami yang saat itu kebagian bertugas menjaga stand pameran cukup terkejut dengan pertanyaan beliau. Dengan sedikit tersipu malu kami sampaikan bahwa kegiatan foto ini hanya merupakan bagian dari pelayanan yang kita tampilkan di stand pameran, bukan menjadi sebuah produk yang BPS Kaltim hasilkan. Yang terfikir oleh saya kemudian, apakah hasil foto yang kami lakukan begitu menarik perhatian, padahal kami juga bukan ahli foto profesional lho (hehe). 



Begitulah sedikit cerita yang bisa kami bagi dengan kawan-kawan semua di seluruh Indonesia, ternyata turut serta dalam kegiatan besar seperti pameran adalah cara yang ampuh untuk mengenalkan apa saja yang kita miliki. Dalam kesempatan ini juga BPS Provinsi Kaltim mensosialisasikan keberadaan STIS kepada masyarakat yang ternyata hampir sebagian masyarakat banyak yang belum mengetahui, mereka lebih mengenal sekolah kedinasan seperti STAN, IPDN dan lain-lain. Respon mereka begitu beragam, terlihat dari begitu detailnya mereka bertanya kepada kami tentang STIS. Semoga ke depan, BPS Kaltim bisa lebih dikenal lagi tidak hanya sebatas pusat rujukan data, tetapi juga menjadi rujukan atau referensi pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lewat Sekolah Tinggi Ilmu Statistik nya. Salam PIA, Sukseskan Sensus Ekonomi 2016. (Rahayu Hestiningsih, Staf Neraca Konsumsi BPS Provinsi Kalimantan Timur). 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#126# AKHIR PERJALANAN (Travelling ke Kalsel - Part 7)

#119# "TRAVELLING" KE KALIMANTAN SELATAN (Part 2 - Rainy's Day Literari Festival)

#117# DIBANGUNIN SAMA BANTAL